Home > Gaya Hidup

Peluncuran Program MENCARI MERIAM Dan SABAR CEKATAN Oleh Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Universitas Siliwangi Tasikmalaya luncurkan Program MENCARI MERIAM (Mencegah Hipertensi Mengurangi Konsumsi Garam) dan SABAR CEKATAN (Sadar Bersama Rutin Cek Kesehatan) di Kecamatan Langensari, Kota Banjar.
Dok.banjarkota.go.id
Dok.banjarkota.go.id

TOPNEWS62.COM- Kota Banjar, Rabu (31/1/2024), mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya Jawa Barat luncurkan program MENCARI MERIAM (Mencegah Hipertensi Mengurangi Konsumsi Garam) dan SABAR CEKATAN (Sadar Bersama Rutin Cek Kesehatan) di Lingkungan Bojongsari, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Nur Lina, S.KM. M.Kes (Epid) selaku dosen pembimbing lapangan menyampaikan bahwa, Ini merupakan suatu program kesehatan yang dicetus untuk mencegah hipertensi pada masyarakat di daerah tersebut dengan penerapan diet rendah garam untuk mengurangi konsumsi garam berlebih. Program ini menyasar masyarakat usia produktif dan juga lansia dengan tujuan menurunkan risiko mengidap hipertensi dan penanganan pada masyarakat yang mengidap hipertensi.

Program dilakukan melalui pembentukan Kader Bojongsari Peduli Hipertensi (KASIH) yang selanjutnya, diberikan pelatihan (Training of Trainer) bagi para kader terkait dengan gambaran umum penyakit hipertensi, praktik penggunaan alat tensi digital untuk mendeteksi hipertensi, dan upaya antisipasi serta penanganan hipertensi melalui diet rendah garam dan pengolahan daun kelor, tutur Nur Lina.

Kader Bojongsari Peduli Hipertensi (KASIH), dibentuk dengan harapan dapat memberikan edukasi langsung kepada masyarakat pada saat pelaksanaan POSBINDU ataupun kegiatan kemasyarakatan lainnya. Selain itu, kader KASIH juga diharapkan dapat membantu Puskesmas dan masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan secara mandiri.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap para kader, dilakukan penyematan pin dan pemberian sertifikat kepada para Kader Bojongsari Peduli Hipertensi (KASIH), serta penyerahan perangkat untuk pelaksanaan tes kesehatan masyarakat kedepannya.

Pada agenda selanjutnya dilaksanakan intervensi kepada masyarakat terkait dengan penanganan dan pencegahan penyakit hipertensi dengan melibatkan Puskesmas Langensari untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Peluncuran Program MENCARI MERIAM (Mencegah Hipertensi Mengurangi Konsumsi Garam) dan SABAR CEKATAN (Sadar Bersama Rutin Cek Kesehatan) ditandai dengan Penandatanganan Komitmen Program oleh Lurah Bojongkantong, Kepala Puskesmas Langensari 1, Dosen Pembimbing Lapangan, Ketua RW, dan perwakilan kader KASIH Lingkungan Bojongsari, pada Rabu, 24 Januari 2024.

Program ini merupakan hasil dari analisis situasi kesehatan masyarakat yang dilaksanakan oleh Kelompok 5 PBL 1 Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang didampingi oleh Nur Lina, S.KM. M.Kes (Epid) selaku dosen pembimbing lapangan, yang diharapkan dapat diterapkan dan berjalan secara berkelanjutan untuk menyampaikan pentingnya menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat di Lingkungan Bojongsari. (Diskominfo Kota Banjar/Rep.Djadie)

× Image