Home > Nasional

Peran Pemerintah Dalam Perlindungan Konsumen "Cerdas di Era Digital"

Perubahan pola aktivitas perdagangan yang berbasis aktivitas digital secara langsung berdampak pada perilaku konsumen dan pelaku usaha
Dok. Kemendag.go.id
Dok. Kemendag.go.id

TOPNEWS62.COM - Jerry Sambuaga selaku Wakil Menteri Perdagangan menjadi pembicara dalam Sosialisasi Perlindungan Konsumen dengan tema “Cerdas di Era Digital” yang diadakan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Selasa, (30 Jan).

Jerry mengatakan bahwa perubahan pola aktivitas perdagangan yang berbasis aktivitas digital secara langsung berdampak pada perilaku konsumen dan pelaku usaha. Perubahan ini harus diimbangi dengan kebijakan yang dapat melindungi aktivitas pola perdagangan baru di seluruh lapisan masyarakat.

Beliau, mengatakan bahwa perlindungan konsumen menjadi sangat penting karena banyaknya masalah yang dihadapi oleh konsumen makin kompleks dan rumit, sehingga membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat.

Melalui penguatan regulasi yang dapat menciptakan keseimbangan antara iklim usaha yang kondusif untuk pelaku usaha dengan perlindungan konsumen yang lebih memberikan kepastian hukum dari peran pemerintah

Pemerintah harus terus menggalakkan pelaksanaan kegiatan perlindungan konsumen, mulai dari pendidikan usia dini, pembinaan pelaku usaha untuk pemenuhan standar dan pengendalian mutu, pengawasan barang beredar, pengukuran dan takaran secara tepat, hingga memastikan tertib niaga di semua pasar dan gerai transaksi perdagangan.

Beliau mengatakan, sebagai konsumen cerdas, kita harus teliti sebelum membeli, memilih produk yang bertanda SNI, serta memperhatikan tanggal kedaluwarsa, label, dan manual kartu garansi berbahasa Indonesia. Selain itu, kita juga diharapkan membeli sesuai kebutuhan, bukan keinginan, serta cinta dan bangga memakai dan mengonsumsi produk buatan Indonesia.

× Image