Home > Gaya Hidup

Ini Sederet Jamu yang Ampuh Untuk Diet

Jamu selain dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh juga dipercaya dapat menurunkan berat badan
Ilustrasi Jamu (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Jamu (Foto: Pixabay)

TopNews62.com, Jakarta - Selain terkenal dengan pariwisata yang menakjubkan, Indonesia juga kaya akan rempah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat jamu untuk kesehatan.

Jamu selain dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh juga dipercaya dapat menurunkan berat badan selain menerapkan pola hidup sehat tentunya. Beberapa jenis herbal yang biasa digunakan ialah kunyit asam dan temulawak.

Keyakinan ini tentunya beralasan karena bahan-bahan jamu mengandung berbagai zat yang baik untuk metabolisme tubuh, mengendalikan kadar gula, dan menurunkan kolesterol.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini jamu yang dipercaya ampuh turunkan berat badan yang baik untuk program diet, antara lain:

1. Kunyit Asam

Jamu kunyit asam dapat membantu mengendalikan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Dengan manfaat ini, konsumsi kunyit asam bisa mengurangi risiko obesitas atau kegemukan.

Mengutip buku Aneka Resep Jamu yang Baik untuk Kesehatan oleh Farhan Ghazi, rasa asamnya baik untuk metabolisme tubuh. Jadi, makanan tidak menumpuk begitu saja dalam sistem pencernaan.

Sementara itu, kurkuminnya bisa membantu pergerakan otot sistem pencernaan. Hasilnya, gas dalam perut juga lebih mudah dihilangkan. Jamu kunyit asam disarankan untuk yang sering mengalami kembung.

2. Galian Singset

Galian singset merupakan produk dari suatu pabrik jamu. Produk ini sudah lama beredar dan mendapat tempat di hati masyarakat yang ingin hidup sehat.

Sesuai namanya, galian singset dapat membantu membuat tubuh ramping. Menurut buku Aneka Ramuan Jamu Tradisional untuk Kebugaran dan Kesehatan oleh Cahaya Novianti, kombinasi bahan alami di dalam jamu seperti kemuning, manggis, dan jati Belanda ini mampu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal.

3. Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis dikenal mampu membantu menurunkan berat badan. Mengutip laman Pemprov Jambi, madu mengandung gula alami yang bisa membantu mengendalikan rasa lapar dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Sementara itu, kayu manis dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak secara efektif. Sehingga, kamu bisa mencampurkan kedua bahan ini untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Lemon dan Jahe

Lemon kaya akan vitamin C dan juga serat yang dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuh. Sementara jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dengan lebih efektif. Campurkan perasan lemon, jahe, dan air dan minum untuk membantu menurunkan berat badan.

5. Teh Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga merupakan jamu tradisional untuk menurunkan berat badan. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1 buah jeruk nipis, daun teh dan air. Campurkan semua bahan ini dan masukkan ke dalam air mendidih selama 30 menit.

6. Fenugreek

Melansir dari Healthline, bumbu rumah tangga yang berasal dari Trigonella foenum-graecum atau keluarga kacang-kacangan ini membantu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi asupan makanan. Khasiat inilah yang membantu fenugreek menurunkan berat badan.

Salah satu studi dari University of Minnesota, USA, pada 18 orang menunjukkan mereka yang mendapat 8 gram serat fenugreek setiap hari merasakan peningkatan rasa kenyang dan penurunan lapar. Hal sebaliknya terjadi pada kelompok kontrol.

7. Ginseng

Ginseng dapat membantu merangsang penurunan berat badan, menunda penyerapan lemak, dan memodifikasi pembentukan lemak. Menurut sebuah studi di tahun 2014 dari Department of Rehabilitation Medicine of Korean Medicine, mengkonsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama 8 minggu dapat menurunkan berat badan secara terukur dan mengubah komposisi mikrobiota usus.

8. Kunyit dan Jahe

Perpaduan kunyit dan jahe juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Seperti yang sudah dijelaskan, kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Sementara jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi rasa lapar.

9. Teh Daun Jati Belanda

Daun jati Belanda mengandung senyawa aktif yang bisa membantu mengurangi penyerapan lemak. Selain bisa dikonsumsi dalam jamu galian singset, kamu juga bisa mengkonsumsi daun jati Belanda dalam bentuk teh.

10. Temulawak

Temulawak mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi alternatif bagi tubuh ketika diet. Karbohidrat dan kandungan zat lain dalam temulawak membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

11. Ramuan Temukunci dan Daun Sirih

Temukunci dan daun sirih berkhasiat melangsingkan tubuh. Cara membuat ramuan ini yaitu tubuh 20 daun sirih segar, 4 ruas rimpang temukunci dengan air matang, kemudian peras. Air perasan ini dapat diminum setiap pagi dan malam hari.

Efek jamu untuk menurunkan berat badan biasanya baru dirasakan setelah konsumsi rutin. Herbal umumnya tidak berdampak buruk pada tubuh, kecuali yang dicampur bahan-bahan lain yang berbahaya.

× Image