Home > Wisata

Menparekraf Dorong Penguatan Ekosistem Ekonomi Kreatif Melalui Uji Petik di Kabupaten Bekasi

Sandiaga menyampaikan bahwa Kabupaten Bekasi memiliki potensi besar untuk pengembangan ekonomi kreatif yang perlu dimaksimalkan
Dok. Kemenparekraf
Dok. Kemenparekraf

TOPNEWS62.COM, Cikarang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk melaksanakan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif (PMK3I). Langkah ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di wilayah tersebut.

Dalam workshop KaTa Kreatif yang berlangsung di Graha Pariwisata, Cikarang, Jumat (18/10/2024), Sandiaga menyampaikan bahwa Kabupaten Bekasi memiliki potensi besar untuk pengembangan ekonomi kreatif yang perlu dimaksimalkan. Uji petik ini diharapkan dapat membantu menentukan subsektor kreatif unggulan yang akan menjadi motor penggerak ekonomi daerah.

"Salah satu produk kreatif yang potensial adalah outer ecoprint ramah lingkungan dengan motif khas seperti golok, ikan gabus, dan Gedung Juang, yang semuanya merepresentasikan sejarah dan kekuatan lokal. Ada juga motif Saung Ranggon dan bunga teratai yang menggambarkan harmoni antara tradisi dan alam," ujar Sandiaga.

Program uji petik PMK3I ini menjadi inisiatif pemerintah untuk memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM agar bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk bernilai tambah tinggi.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hariyanto, menambahkan bahwa Kabupaten Bekasi telah memiliki tujuh desa wisata yang terdaftar di platform Jadesta. Bahkan, Desa Wisata Pesona Wanajaya dari Kabupaten Bekasi masuk dalam 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dalam kategori Desa Wisata Berkembang.

“Kabupaten Bekasi juga memiliki creative hub yang sudah ada, dan ini perlu lebih diaktifkan. Kemenparekraf tentu siap mendukung,” kata Hariyanto.

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Oneng Setya Harini, berharap Kabupaten Bekasi dapat melaksanakan uji petik PMK3I pada tahun ini untuk menentukan subsektor ekonomi kreatif unggulan yang unik dan tidak dimiliki daerah lain.

Acara ini juga dihadiri oleh Penjabat Bupati Bekasi, Dedy Supriyadi, yang turut mendukung langkah pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Bekasi.

× Image