Home > Filantropi

Imam Nawawi Ajak Santri Hidayatullah Lingga Cerdaskan Umat

Melalui pesan-pesan yang disampaikannya, Imam Nawawi berharap santri tidak hanya menjadi pribadi yang rajin membaca, tetapi juga mampu berpikir kritis dan mendalami terhadap apa yang mereka baca
Dok. Hidayatullah 
Dok. Hidayatullah

TOPNEWS62.COM, LINGGA -- Subuh di Pesantren Hidayatullah Lingga pagi ini memberikan suasana yang berbeda dari biasanya. Setelah melaksanakan shalat berjamaah, para santri dan pengurus pesantren mendapatkan kejutan istimewa berupa sesi sharing inspiratif yang dipandu oleh Mas Imam Nawawi, seorang penulis yang telah menerbitkan buku berjudul "77 Pesan Kepemimpinan Kaum Muda" (29/9).

Dalam suasana hangat dan penuh antusiasme, Imam Nawawi memikat perhatian para santri dengan gaya penyampaian yang khas dan mudah dipahami. Beliau mengajak para santri untuk lebih mengaktifkan nalar dan merenungkan makna di balik setiap ajaran. "Perintah pertama dalam Al-Qur'an adalah 'Iqra', yang tidak hanya berarti membaca, tetapi juga mengajak kita untuk menggunakan akal dan berpikir reflektif," terang Imam Nawawi.

Melalui pesan-pesan yang disampaikannya, Imam Nawawi berharap para santri tidak hanya menjadi pribadi yang rajin membaca, tetapi juga mampu berpikir kritis dan mendalam terhadap apa yang mereka baca. Baginya, kemampuan berpikir kritis merupakan kunci untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai kepemimpinan yang sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menekankan bahwa dengan mengaktifkan nalar, seseorang akan mampu membedakan mana yang penting dan mana yang tidak penting dalam hidupnya.

"Sehingga, agenda kesehariannya adalah bagaimana terus-menerus melakukan kebaikan, karena ia sadar bahwa kebaikan itu ia butuhkan, bukan lagi sebagai beban," tambahnya.

Di era teknologi dan informasi yang berkembang pesat ini, Imam Nawawi juga mengingatkan para santri untuk tidak mau ketinggalan.

"Santri harus punya target kebaikan yang jelas, seperti lulus dengan hafalan Qur'an yang bagus, memahami cara berpikir, dan bisa mencerdaskan orang lain. Jadi santri tidak lagi boleh hidup tanpa peta jalan kemajuan," pesannya.

Sesi sharing yang didukung oleh Laznas Baitul Maal Hidayatullah Kepri ini berlangsung penuh kehangatan dan antusiasme. Para santri tampak bersemangat mendengarkan dan menyerap ilmu yang disampaikan oleh Mas Imam Nawawi.

"Semoga pesan-pesan inspiratif ini dapat memotivasi para santri untuk terus belajar dan berkembang, menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi umat," tutur Kepala BMH Perwakilan Riau, Fatahillah.*

× Image