Home > Wisata

Menparekraf Apresiasi Festival Kota Lama Semarang Masuk Karisma Event Nusantara 2024

Mempromosikan kawasan Kota Lama sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah unggulan di Semarang
Dok. kemenparekraf
Dok. kemenparekraf

TOPNEWS62.COM, Semarang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan apresiasi atas kesuksesan Festival Kota Lama Semarang yang telah diadakan sebanyak 13 kali dan kembali terpilih sebagai salah satu event unggulan dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

"Saya sangat mengapresiasi Festival Kota Lama Semarang yang konsisten diadakan selama 13 tahun dan tahun ini kembali masuk dalam daftar event terbaik di Karisma Event Nusantara," ujar Sandiaga saat meninjau Pikat Wastra Nusantara, bagian dari rangkaian acara Festival Kota Lama, di Gedung Oudetrap, Semarang, Kamis (12/9/2024).

Festival Kota Lama merupakan acara tahunan yang digagas oleh Oen Semarang Foundation (OSF) dan didukung oleh Pemerintah Kota Semarang serta Provinsi Jawa Tengah. Tujuannya adalah untuk mempromosikan kawasan Kota Lama sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah unggulan di Semarang.

Acara ini, yang berlangsung dari 5 hingga 15 September 2024, mengusung tema Heritage in Diversity, dengan berbagai kegiatan menarik seperti Orchestra in Diversity, Wayang on The Street, Kagama Kolaborasi, Pikat Wastra Nusantara, Festival Nyiur Nusantara, Folklore Kota Lama, Pemilihan Putra Putri Kota Lama, dan Kuliner Nostalgia Pasar Sentiling.

Menparekraf Apresiasi Festival Kota Lama Semarang Masuk Karisma Event Nusantara 2024
Menparekraf Apresiasi Festival Kota Lama Semarang Masuk Karisma Event Nusantara 2024

"Festival ini menampilkan produk-produk ekonomi kreatif yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan mancanegara. Dengan tema Heritage in Harmony, acara ini menunjukkan pentingnya menghargai sejarah dan keragaman budaya kita," jelas Sandiaga.

Sandiaga berharap Festival Kota Lama Semarang mampu mendorong pertumbuhan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara, berkat keunikan kawasan bersejarahnya yang tetap memikat.

"Semoga tahun depan acara ini bisa masuk dalam 10 besar event terbaik di Nusantara, dan kita berharap kerja sama internasional, termasuk dengan pihak Belanda, bisa terwujud. Harapannya, kunjungan wisatawan dan dampak ekonomi di tahun depan akan lebih meningkat," tambah Sandiaga.

Dalam acara tersebut, Sandiaga turut didampingi oleh Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Oneng Setya Harini; Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono; serta Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti.

× Image