Home > Travel dan Haji

Gelombang Pertama Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Selesai dengan Kloter SOC 42

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia Gelombang I resmi berakhir
Dok.kemenag
Dok.kemenag

TOPNEWS62.COM, Jeddah - Fase pemulangan jemaah haji Indonesia Gelombang I resmi berakhir hari Kamis (4/7/2024). Kelompok terbang (kloter) 42 dari Embarkasi Solo (SOC 42) menjadi rombongan terakhir yang kembali ke Tanah Air. Sebanyak 360 jemaah haji berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah pada pukul 01.30 waktu setempat.

"Alhamdulillah, kita telah mencapai tahap akhir pemulangan jemaah haji Gelombang I, dengan melepas Kloter SOC 42 yang terdiri dari jemaah haji asal Kota Semarang dan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Mereka berangkat pada pukul 01.30 WAS dini hari. Mari kita doakan agar perjalanan mereka diberkahi keselamatan dan tiba di Tanah Air dengan selamat, berkumpul kembali dengan keluarga, serta membawa haji yang mabrur," ujar Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Kemenag RI, Subhan Cholid, saat melepas kepulangan jemaah SOC 42 di Paviliun D4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, Sekretaris Daker Bandara Asep Rohadian, serta para petugas haji Daker Bandara.

Fase pemulangan Gelombang I jemaah haji Indonesia telah berlangsung sejak 22 Juni 2024. Sebanyak 229 kloter telah kembali ke Tanah Air pada fase ini, dengan 183 kloter berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan 46 kloter dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Fase pemulangan Gelombang I ini berakhir pada 4 Juli 2024.

"Total ada 88.936 jemaah yang telah kembali dalam fase pemulangan ini," tambahnya.

× Image