Home > Nasional

BSI Perkuat Ekosistem Halal Lewat Kemitraan Strategis

BSI terus berupaya membangun sinergi dengan berbagai sektor untuk memperluas ekosistem keuangan Islam
Dok. BSI
Dok. BSI

TOPNEWS62.COM, Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat komitmennya dalam pengembangan ekosistem halal di Indonesia. Pada acara BSI International Expo 2024, BSI menjalin kemitraan strategis dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), dan PT Pertamedika Bali Hospital untuk menyediakan layanan perbankan dan pembiayaan senilai lebih dari Rp1,8 triliun.

Anton Sukarna, Direktur Sales & Distribution BSI, menyatakan bahwa BSI terus berupaya membangun sinergi dengan berbagai sektor untuk memperluas ekosistem keuangan Islam sebagai bagian dari strategi bisnis yang berkelanjutan. “Saat ini, kami bekerja sama dengan perusahaan dari tiga sektor strategis: telekomunikasi, logistik, dan layanan kesehatan,” jelas Anton.

Strategi ini didorong oleh potensi besar industri halal di Indonesia. Berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2023/2024, Indonesia berada di peringkat tiga besar dalam Global Islamic Economy Indicator (GIEI), naik satu tingkat dari tahun sebelumnya. "Ini mengharuskan BSI untuk berperan aktif dalam memperkuat ekonomi Indonesia, terutama di industri halal, khususnya dalam pembiayaan segmen korporasi,” lanjut Anton.

Anton juga menekankan pentingnya menciptakan ekosistem halal yang efisien dari hulu hingga hilir. “Segmen korporasi memiliki potensi besar, dan kemitraan yang sudah terjalin perlu diperluas. Peran BSI adalah menyediakan layanan transaksi syariah yang mencakup pembiayaan, transaksi operasional perusahaan, dan layanan perdagangan yang mendukung pertumbuhan bisnis halal, mulai dari korporasi sebagai prinsipal hingga supplier, distributor, dan konsumen,” tambahnya.

Kerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular akan memungkinkan nasabah BSI dan pelanggan Telkomsel untuk menikmati layanan digital dengan konektivitas yang lebih luas dan komprehensif. Ini diharapkan dapat membentuk ekosistem digital yang maju bagi nasabah BSI melalui teknologi telekomunikasi dan perbankan.

Di sektor logistik, BSI telah bekerja sama dengan PT Adisarana Armada Tbk (ASSA) sejak 2019, dengan total fasilitas pembiayaan sebesar Rp1,7 triliun. Kerja sama ini mendukung ekspansi bisnis dan mendorong ekosistem halal di sektor logistik ASSA, termasuk anak usahanya, PT Adi Sarana Transportasi (Cargoshare Logistics) yang telah memiliki sertifikasi halal. Ini menunjukkan komitmen bersama antara ASSA dan BSI dalam mengembangkan ekosistem halal di Indonesia.

Di sektor kesehatan, BSI bekerja sama dengan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) Group untuk pembangunan Bali International Hospital (BIH) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Bali. Proyek nasional ini menggabungkan konsep kesehatan berbasis wisata dan diharapkan dapat mendorong pengembangan industri halal di KEK Sanur dan Indonesia secara keseluruhan.

Perlu dicatat, kinerja pembiayaan wholesale BSI hingga Mei 2024 mencapai Rp72,57 triliun, yang menyumbang 28,57% dari total pembiayaan BSI dengan pertumbuhan solid sebesar 19,2% year on year. Ini membuktikan bahwa kinerja pembiayaan wholesale BSI sehat dengan kualitas pembiayaan yang tetap terjaga.

Dengan demikian, BSI menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung dan memperluas ekosistem halal di Indonesia melalui kemitraan strategis dan layanan perbankan yang inovatif.

× Image