Home > Filantropi

Kegiatan Kurban Idul Adha di RW 13 RT 7 Gg Golf sebagai momentum untuk berbagi dan peduli

Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam, dirayakan dengan pelaksanaan ibadah kurban

TOPNEWS62.COM, DEPOK-- Selasa (18/06/2024) Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam, dirayakan dengan pelaksanaan ibadah kurban. Kegiatan kurban ini merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT serta meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS.

Syarifudin selaku ketua  RW 13 menegaskan ,“Kegiatan pelaksanaan Kurban  di RW 13 RT 7 Gg  Golf sebagai momentum untuk berbagi dan peduli kepada sesama.

Tepatnya di RW 13 RT 7, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, Musholah Nurul Amal Rozi dan Bapak Saim Ibrahim menjadi pusat pelaksanaan kegiatan kurban tahun ini,Senin (17 /06).

Syarifudin selaku Ketua RW 13 juga memberikan sambutan dilokasi tempat pemotongan hewan kurban tersebut di Gang golf menjelaskan, bahwa tiga makna dalam kegiatan kurban ini yakni melaksanakan perintah Allah SWT dan meneladani sikap ketaatan Nabi Ibrahim AS, meningkatkan Solidaritas: Membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan daging kurban, mempererat Silaturahmi: Membangun kebersamaan dan kekompakan antarwarga RW 13 RT 7, tuturnya.

Dalam rangkaian acanya tersebut meliputi Persiapan dan Pengumpulan hewan kurban, pengumpulan dana dan hewan kurban dari warga yang ingin berpartisipasi di lingkungan sekitar Rw 07. Persiapan lokasi penyembelihan dan peralatan yang dibutuhkan. Penyembelihan dilakukan di Musholah Nurul Amal Rozi dan rumah Bapak Saim Ibrahim dengan pengawasan dari panitia dan petugas kesehatan hewan dinkes Depok diwakili oleh dr. Syaekha.

Untuk tahun ini jumlah hewan kurban 3 ekor Sapi dan 6 ekor kambing. Penyembelihan dilakukan sesuai dengan syariat Islam untuk memastikan hewan kurban halal dan thayyib. Pemotongan dan Penimbangan daging kurban , panitia memastikan semua proses daging hewan kurban dipotong dan ditimbang agar distribusi merata , berjalan lancar dan higeinis,ujar Syarifudin.

Selanjutnya 250 paket daging kurban siap didistribusikan kepada warga kurang mampu di RW 13 RT 7 dan sekitarnya. Pembagian dilakukan secara adil dan merata, dengan prioritas kepada yang membutuhkan imbunya.

Setelah semua proses selesai, kegiatan diakhiri dengan doa bersama untuk memohon keberkahan dan ridho Allah SWT, Penyampaian ucapan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini, ujar Syarifudin.

Pelaksanaan kegiatan kurban di Musholah Nurul Amal Rozi dan rumah Bapak Saim Ibrahim, RW 13 RT 7, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, merupakan rutinitas tahunan diharapkan dapat berjalan lancar dan penuh berkah. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana ibadah, tetapi juga mempererat hubungan sosial dan memperkuat semangat ukhuwah kebersamaan antarwarga. Marilah kita jadikan Idul Adha sebagai momentum untuk berbagi dan peduli kepada sesama, tuturnya

× Image