Home > Filantropi

Tim ESDM Siaga Bencana Salurkan Bantuan untuk Korban Letusan Gunung Ruang

Bantuan Kemanusiaan Disalurkan oleh Tim ESDM Siaga Bencana untuk Masyarakat Terdampak Letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara
Dok.esdm.go.id
Dok.esdm.go.id

TOPNEWS62.COM - Tim Search & Rescue (SAR), Kesehatan, Logistik, dan Alat Berat yang merupakan bagian dari Tim ESDM Siaga Bencana kembali menerima bantuan kemanusiaan untuk masyarakat yang terdampak letusan Gunung Ruang di Provinsi Sulawesi Utara. Bantuan ini, yang berupa paket sembako, telah disalurkan oleh perusahaan pertambangan mineral dan batubara, seperti PT Sumber Energi Jaya dan PT Trimix Perkasa. Selain itu, donasi kemanusiaan juga diberikan oleh CV King Maju Berkat melalui Baznas Sulut. Sunindyo Suryo Herdadi, koordinator Tim ESDM Siaga Bencana, menegaskan bahwa bantuan ini akan segera disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Langkah ini merupakan respons terhadap instruksi Menteri ESDM yang mengaktifkan kembali Tim ESDM Siaga Bencana untuk memberikan bantuan kepada korban bencana Gunung Ruang. Selain itu, tim telah mengirimkan himbauan kepada seluruh stakeholder perusahaan pertambangan di Sulawesi Utara untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk empati dan kepedulian untuk meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah.

Kolaborasi juga terjalin antara Tim ESDM Siaga Bencana dengan berbagai lembaga lain, termasuk Kementerian Sosial, Kepolisian, Basarnas, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Laporan terbaru dari BNPB menunjukkan bahwa jumlah jiwa yang mengungsi dan terdampak mencapai ribuan, dengan kerugian material yang signifikan terjadi di dua kabupaten terkena dampak, yakni Kabupaten Sitaro dan Minahasa Utara.

Meskipun aktivitas vulkanik Gunung Ruang mengalami penurunan, peringatan status tetap berlaku, mengingatkan akan potensi bahaya yang masih ada. Upaya penanganan dan bantuan kepada korban terus dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan solidaritas dan komitmen untuk membantu mereka yang membutuhkan dalam menghadapi dampak dari bencana alam yang melanda.

× Image