Home > Gaya Hidup

Wajib Tahu, Khasiat Manfaat Tanaman Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan

Daun pecah beling, atau disebut juga dengan kejibeling, merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Strobilanthes crispus ini terbilang mudah untuk ditemukan

TOPNEWS62.COM- Depok, Minggu (21/04/2024) Daun Pecah Beling, yang memiliki nama ilmiah Clinacanthus nutans, merupakan tumbuhan yang sering ditemui di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain sebagai tanaman hias, daun pecah beling juga memiliki sejumlah manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat dari daun pecah beling:

· Anti-inflamasi: Daun pecah beling memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Hal ini bermanfaat dalam mengatasi berbagai kondisi seperti radang sendi, radang kulit, dan kondisi peradangan lainnya.

· Antioksidan: Daun pecah beling mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan, sehingga konsumsi daun pecah beling dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan tersebut.

· Antiviral dan Antibakteri: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun pecah beling memiliki sifat antiviral dan antibakteri, sehingga dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri dalam tubuh.

· Menyembuhkan luka: Ekstrak daun pecah beling telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan.

· Menyokong sistem imun: Kandungan nutrisi dalam daun pecah beling dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

· Mengatasi masalah kulit: Daun pecah beling juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan dermatitis.

· Menyokong kesehatan pencernaan: Daun pecah beling dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan gerakan usus.

· Menurunkan kadar gula darah: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pecah beling dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Daun pecah beling memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh, salah satunya adalah mampu mengatasi batu ginjal. Maka dari itu, konsumsi rutin dari tanaman herbal ini disarankan untuk beberapa orang.”

Daun pecah beling, atau disebut juga dengan kejibeling, merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Strobilanthes crispus ini terbilang mudah untuk ditemukan, bahkan ada yang menjadikannya tanaman pagar.

Salah satu manfaat yang paling dikenal adalah menghilangkan batu ginjal. Meski begitu, mengatasi penyakit yang disebutkan barusan bukanlah satu-satunya manfaat dari tanaman herbal ini.

Ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan berbagai pengolahan yang perlu disesuaikan. Sehingga, masalah yang terjadi pada tubuh dapat diatasi dengan efektif dan alami.

1.Mengatasi batu ginjal, manfaat pertama yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daun pecah beling adalah membantu dalam mengatasi batu ginjal. Mengutip dari International Food Research Journal, daun ini mampu atasi pembentukan sumbatan pada ginjal tersebut dengan menempelkan daun yang telah dipanaskan ke area pinggul tempat organ tersebut berada.

Kamu juga bisa mengonsumsi air rebusan dari tanaman ini sebanyak tiga kali sehari. Untuk meningkatkan khasiatnya, kamu bisa mencampurkannya dengan daun sarap atau daun kumis kucing. Diharapkan dengan cara ini, batu ginjal memang benar-benar teratasi dengan baik.

2. Menurunkan kadar glukosa dalam Tubuh, mengacu pada penelitian dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata, Bantul, Yogyakarta, menyebutkan, konsumsi daun pecah beling dapat menurunkan kadar glukosa pada tikus yang diinduksi diabetes.

Konsumsi ekstrak daun ini selama 14 hari dapat menurunkan kadar glukosa sebesar 3,2% pada tikus tersebut. Bukan hanya itu, tikus tersebut juga mengalami perbaikan pada trigliserida, kolesterol total, hingga kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan yang mengandung ekstrak dari daun pecah beling. Konsumsi secara rutin agar kadar glukosa benar-benar mencapai kadar normal.

3. Mengobati kanker, mengutip dari Bioactivity Evaluation and Biomedical Pharmacology of Small Molecules, daun pecah beling juga dipercaya dapat berguna dalam mengatasi kanker karena efek antikanker yang kuat. Beberapa jenis gangguan yang bisa diatasi, yaitu kanker payudara, kanker hati, dan kanker usus besar.

Meski begitu, pengujian lebih lanjut masih diperlukan, terlebih terkait potensi dan kemungkinan efek samping dari ekstrak daun ini. Jika metode alami ini memang benar-benar terbukti efektif dalam mengatasi kanker, tentunya dapat menjadi salah satu jalan keluar dalam menyembuhkan penyakit berbahaya ini.

Sama seperti sebelumnya, untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi ekstrak dari daun pecah beling perlu dilakukan secara rutin. Namun, alangkah lebih baiknya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter, terlebih jika memiliki obat-obatan yang dikonsumsi secara rutin.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait berbagai manfaat kesehatan dari daun pecah beling, tanya dokter dan bisa dilakukan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya.

Referensi: MDPI. Diakses pada 2022. Anticancer Properties of Strobilanthes crispus: A Review., Scientific Foundation SPIROSKI. Diakses pada 2022. The Effect of Strobilanthes crispus on Blood Glucose Levels and Lipid Profile of Streptozotocin-induced Diabetic Rats.

Plants Food for Human Nutrition. Diakses pada 2022. Effects of Strobilanthes crispus tea aqueous extracts on glucose and lipid profile in normal and streptozotocin-induced hyperglycemic

× Image