Home > Wisata

Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Siap Hadapi Libur Lebaran 2024

Kami berkolaborasi dengan semua pihak terkait untuk mempersiapkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif menghadapi libur Lebaran tahun ini
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Jakarta, 1 April 2024 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan kesiapan industri pariwisata dan ekonomi kreatif menghadapi musim libur Lebaran 2024.

"Kami berkolaborasi dengan semua pihak terkait untuk mempersiapkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif menghadapi libur Lebaran tahun ini. Kami fokus pada akomodasi, maskapai penerbangan, dan atraksi," kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, dalam sesi "The Weekly Brief With Sandi Uno Extended" di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Proyeksi menunjukkan tingkat hunian hotel diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama libur Lebaran, dengan puncaknya diperkirakan pada H+2 Lebaran. Berbagai online travel agent juga telah memberikan informasi dan kemudahan bagi masyarakat untuk memesan kamar.

Rizki juga menyebutkan bahwa hotel-hotel telah menyiapkan berbagai aktivitas di dalam hotel atau resort serta paket diskon. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan serta memajukan industri pariwisata itu sendiri.

Untuk ketersediaan kursi, maskapai telah menyiapkan total 6,72 juta kursi selama 16 hari libur Lebaran, setara dengan 420 ribu kursi per hari di seluruh Indonesia. Ada juga beberapa maskapai seperti Citilink, AirAsia, dan SCOOT yang telah menambah rute penerbangan internasional.

"Mudah-mudahan, kita dapat mendorong penggunaan penghitungan jejak karbon (carbon footprint calculator) di masa yang akan datang," tambah Rizki.

Kemenparekraf juga mengimbau pengelola atraksi wisata untuk terus menerapkan prinsip CHSE (cleanliness, health, safety, environmental sustainability) guna memastikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan. Langkah ini juga mencakup peningkatan sarana dan prasarana di destinasi, seperti penambahan tempat parkir dan petugas pelayanan pengunjung.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan bahwa potensi pergerakan masyarakat ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dia juga berharap perjalanan mudik dapat berlangsung dengan aman, tenang, dan nyaman, serta menyebutkan bahwa momentum Ramadan menjadi peluang untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

"The Extended Weekly Brief With Sandi Uno" kali ini didukung oleh beberapa mitra co-branding Wonderful Indonesia, antara lain The Ascott Limited (Harris Hotel, Yello Hotel, Fox Hotel); Manhattan Hotel; Traveloka; Trans Studio Entertainment; Grab Indonesia; Tokopedia; Taman Impian Jaya Ancol; El Hotel Bandung; Waterbom Bali; dan White Horse Group.

Top of Form

× Image