Home > Wisata

Kemenparekraf Ajak Wisatawan Ikut Serta dalam Trail of The Kings Danau Toba

Event ini merupakan bagian dari seri dunia pertama dari trail running kelas dunia, UTMB (Ultra Trail du Mont Blanc) yang digelar di Indonesia
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Jakarta, Kemenparekraf/Baparekraf mengajak para wisatawan untuk berpartisipasi dalam event Trail of Kings di Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut).

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan dalam sambutannya secara daring pada Jumat (15/3/2024) bahwa event yang akan diselenggarakan pada 4-5 Mei 2024 di Waterfront Pangururan, Samosir, Sumatra Utara, menawarkan pengalaman trail running dengan latar belakang pemandangan indah Danau Toba. Event ini merupakan bagian dari seri dunia pertama dari trail running kelas dunia, UTMB (Ultra Trail du Mont Blanc) yang digelar di Indonesia.

"Kami mengundang para pelari trail dari seluruh Indonesia dan dunia untuk menikmati jalur yang luar biasa indah dan megah melalui partisipasi dalam 'Trail of The Kings (Zero Edition)'," ujar Sandiaga.

Dalam konferensi pers di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Bernando Panjaitan, menegaskan bahwa acara ini menargetkan 1.500 peserta. Selain itu, diharapkan dapat mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

"Kami ingin mendorong Danau Toba sebagai destinasi event-based tourism yang berkelanjutan. Kami berupaya mem-branding DPSP Danau Toba menjadi destinasi kelas dunia dengan event-event bertaraf internasional," kata Jimmy.

Jimmy juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung event ini dan event-event internasional lainnya di Danau Toba. Dengan demikian, diharapkan event-event tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat.

"Kami di BPODT sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk suksesnya event ini," tambahnya.

Trail of The Kings (Zero Edition) dengan tema Live Your Legend ini terdiri dari empat kategori kompetisi: 5 kilometer, 10 kilometer, 27 kilometer, dan 50 kilometer. Pendaftaran peserta telah dibuka sejak 13 Maret 2024 melalui situs run.trailofthekings.id dan akan ditutup jika kuota peserta telah terpenuhi.

Konferensi pers ini juga dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi; Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang; dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony. Turut hadir pula Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves, Kosmas Harefa; Plt. Deputi Bidang Revolusi Mental Kemenko PMK, Aris Darmansyah; dan Asisten Deputi Bidang Olahraga Masyarakat Kemenpora, Suyadi Pawiro.

× Image