Home > Gaya Hidup

Tips Untuk Mengetahui, Penglihatan Kita Mengalami Katarak Atau Tidak ?

Katarak adalah kondisi di mana lensa mata menjadi keruh, mengakibatkan penglihatan kabur. Ini adalah masalah umum terutama pada orang tua
Dok.Pixabay.com
Dok.Pixabay.com

TOPNEWS62.COM-Depok,(24/02)– Katarak adalah kondisi di mana lensa mata menjadi keruh, mengakibatkan penglihatan kabur. Ini adalah masalah umum terutama pada orang tua. Penyebab katarak antara lain:

· Penuaan: Proses penuaan alami adalah penyebab utama katarak. Lensa mata mengalami perubahan struktural dan kimia seiring bertambahnya usia.

· Faktor genetik: Katarak juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, di mana seseorang mungkin memiliki kecenderungan untuk mengembangkan katarak.

· Trauma: Cedera pada mata bisa menyebabkan katarak, terutama jika terjadi trauma langsung pada mata.

· Paparan sinar matahari: Paparan sinar UV yang berlebihan dari matahari tanpa perlindungan bisa meningkatkan risiko katarak.

· Penyakit dan kondisi lain: Diabetes, hipertensi, penggunaan obat-obatan tertentu, dan beberapa kondisi medis lainnya juga dapat meningkatkan risiko katarak.

Tanda dan gejala katarak dapat bervariasi, adapun beberapa gejala umum biasanya Penglihatan menjadi buram atau kabur, mirip seperti melihat melalui kaca yang keruh atau berkabut. Dan Terkadang, orang dengan katarak melihat objek ganda atau ganda, Garis lurus mungkin terlihat bengkok atau terdistorsi. Penurunan sensitivitas terhadap cahaya- Orang dengan katarak mungkin lebih sensitif terhadap cahaya terang atau lampu sorot. SelanjutnyaWarna tampak pudar, warna mungkin terlihat kusam atau pudar, dan kontras antara warna-warna yang berbeda dapat berkurang.

Katarak umumnya dapat didiagnosis melalui pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata. Pengobatan katarak biasanya melibatkan pembedahan untuk mengganti lensa mata yang keruh dengan lensa buatan. Jika Anda mengalami gejala katarak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk evaluasi dan pengobatan lebih lanjut.

Katarak merupakan gangguan penglihatan saat lensa alami rusak dan mata jadi berkabut. Kerusakan lensa ini membuat pengidap katarak ketika melihat segala sesuatu jadi buram, kabur, atau kurang berwarna.

Ketika katarak sudah parah, pupil atau lensa mata mungkin tampak abu-abu atau putih. Kondisi ini membuat pandangan mata menjadi terganggu bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (24/2/24), berikut tanda-tanda jika Anda terkena katarak, antara lain:

1. Penglihatan yang keruh, buram, atau berkabut

Dilansir dari Cleveland Clinic, tanda-tanda katarak yang pertama yaitu penglihatan yang keruh, buram, atau berkabut. Penderita akan merasakan pandangannya buram dari yang awalnya hanya sedikit lama-lama semakin parah.

2. Kesulitan melihat warna

Gejala katarak selanjutnya yaitu berkurangnya kemampuan untuk melihat warna. Protein pada lensa mata akan semakin menguning jika penderita katarak tidak segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini akan membuat penderita katarak kesulitan melihat warna karena semua cahaya yang masuk akan menjadi kuning.

3. Sensitivitas meningkat terhadap sinar matahari dan atau lampu

Penderita katarak akan semakin sensitif dengan cahaya. Oleh karena itu, penderita katarak mudah silau jika melihat cahaya terang.

4. Munculnya lingkaran ketika melihat sesuatu yang terang

Lensa mata yang keruh bisa mengganggu pembiasan cahaya dan memunculkan lingkaran atau pendar cahaya ketika melihat sesuatu yang terang.

5. Berkurangnya kemampuan mata untuk melihat di malam hari

Berkurangnya kemampuan indera penglihatan di malam hari juga termasuk tanda-tanda katarak yang umum. Kondisi tersebut terjadi karena lensa mata kotor oleh protein maka, ketika cahaya minim atau di malam hari penderita katarak akan kesulitan melihat.

6. Penglihatan ganda

Penderita katarak akan mengalami pengelihatan ganda atau berbayang karena lensa mata yang semakin keruh. Gejala ini biasanya muncul sementara hingga katarak semakin parah.

× Image