Home > Nasional

Presiden Jokowi Buka Pameran IIMS 2024

Presiden Jokowi menegaskan bahwa masa depan industri otomotif Indonesia terletak pada kendaraan berbasis listrik
Dok.setkab.go.id
Dok.setkab.go.id

TOPNEWS62.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (15/02/2024). Dalam pernyataannya kepada media setelah acara pembukaan, Presiden Jokowi menegaskan bahwa masa depan industri otomotif Indonesia terletak pada kendaraan berbasis listrik.

"Saya melihat banyak mobil listrik yang dipamerkan, dan saya yakin bahwa masa depan otomotif Indonesia ada di sana, mengingat kita memiliki sumber daya bahan baku seperti nikel," ungkap Presiden.

Terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik, Presiden menegaskan komitmen pemerintah untuk mendorong pengurangan pajak pertambahan nilai (PPN) bagi kendaraan listrik. Sebelumnya, pada tahun 2023, pemerintah telah memberikan insentif bagi kendaraan listrik.

"Meskipun belum ada penambahan insentif, kita telah mendorong dengan mengurangi PPN. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan pada akhirnya mendorong produksi di pabrik-pabrik kendaraan listrik di Indonesia. Saya yakin ini akan membawa kita untuk bersaing dengan negara-negara lainnya ketika semua komponen lokal telah tersedia, termasuk baterai," jelasnya.

Presiden juga menyatakan bahwa pemerintah terus mendukung moda transportasi publik berbasis listrik.

"Kami mendorong semua pihak agar tujuan utamanya adalah untuk memproduksi kendaraan listrik di Indonesia, sehingga semua merek dapat diproduksi di sini karena kita memiliki kekuatan dalam bidang baterai kendaraan listrik," tandasnya.

Presiden didampingi oleh sejumlah menteri dalam acara tersebut, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

× Image