Home > Gaya Hidup

Manfaat Susu Skim dengan Lemak yang Rendah untuk Kesehatan

Terdapat dalam susu skim seperti kandungan protein dengan asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu biasa
Dok. Ilustrasi/pexels
Dok. Ilustrasi/pexels

TOPNEW62.COM - Pada umumnya dahulu kebanyakan masyarakat kita dalam mengkonsumsi susu lebih memilih susu sapi atau susu biasa karena banyak manfaatnya untuk tubuh kita, tetapi banyak yang tidak paham kalau susu sapi atau biasa ternyata kandungan lemaknya sangat besar.

Kini yang cukup populer dikonsumsi masyarakat yaitu susu skim karena mengandung lemak yang rendah, selain itu sangat cocok bagi orang yang sedang diet.

Beragam manfaat lainnya terdapat dalam susu skim seperti kandungan protein dengan asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu biasa, selain itu juga dalam segelas susu terdapat berbagai kandungan gizi yang sangat lengkap.

Manfaat susu skim dengan lemak yang rendah tersebut menjadi pilihan tepat. Jenis susu skim sangat berbeda dengan susu biasa, seperti whole milk atau full-cream.

Selain itu, beragam manfaat lainnya terdapat dalam susu skim seperti kandungan protein dengan asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu biasa.

Ini dia beberapa manfaat susu skim yang harus kamu ketahui :

1. Sumber nutrisi

Di dalam susu skim kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti selenium, potasium, kalsium, magnesium, zinc, serta fosfor.

Kandungan kalsium dalam susu skim bisa membentuk gigi serta tulang yang kuat dan juga menjaga kesehatan otot. Sedangkan potasium dalam susu skim akan berperan penting dalam menjaga tekanan darah serta fungsi jantung

2. Menjaga berat badan

Manfaat susu skim yang pertama tidak lain dari kandungan lemaknya yang rendah. Dengan kadar lemak yang jauh lebih rendah dari susu biasa, susu skim jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang program penurunan berat badan agar selalu tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Dengan kandungan lemak yang rendah pada susu skim, turut membantu menjaga kesehatan jantung. Bahkan, susu skim juga sangat rendah kolesterol dan bisa menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

3. Menjaga asupan kalori

Salah satu manfaat susu skim berasal dari kandungan kalorinya yang rendah. Di dalam satu gelas susu skim hanya terkandung 71 kalori, di mana susu sapi murni mengandung 160 kalori. Sumber kalori pada susu skim berasal dari karbohidrat yang ada di dalamnya.

Dengan konsumsi susu skim yang memiliki kalori rendah, bisa menjauhkan dari kelebihan asupan kalori yang menjadi penyebab kelebihan berat badan. Namun, tentu saja perlu diimbangi dengan jaga pola makan yang sehat agar asupan kalori tidak berlebihan.

4. Cegah asam lambung

Biasanya, penderita asam lambung kurang dianjurkan untuk konsumsi jenis susu sapi biasa (whole-milk). Hal ini tidak lain karena susu sapi biasa memiliki kandungan lemak yang cukup besar dan bisa menyebabkan gejala penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) semakin buruk.

Maka dari itu, ada baiknya bagi penderita asam lambung untuk beralih ke susu skim. Sebab kadar lemak dalam susu skim tergolong rendah dan akan lebih baik untuk dikonsumsi.

5. Cegah radang sendi

Radang sendi atau yang memiliki nama ilmiah osteoarthritis, merupakan jenis penyakit yang bisa membuat sendi-sendi menjadi bengkak, sakit bahkan kaku. Biasanya dengan mengonsumsi susu skim akan sedikit bisa mencegah radang sendi.

6. Membentuk dan menjaga otot

Selanjutnya manfaat susu skim bisa membantu pembentukan dan menjaga kondisi otot. Di dalam susu skim terkandung protein yang cukup tinggi dengan kandungan sembilan asam amino. Asam amino sendiri yang sangat penting dalam membentuk otot tubuh.

Dalam segelas susu skim bisa memberikan 8,5 gram protein. Berdasar penelitian, protein yang ada di dalam susu skim bisa membentuk otot lebih cepat jika dibandingkan dengan protein dalam susu kedelai. Di dalam susu skim juga mengandung casein, yang merupakan protein mudah cerna.

× Image