Home > Gaya Hidup

Khasiat Mengkonsumsi Kedelai Hitam Untuk Kesehatan

Kedelai hitam adalah sumber nutrisi yang kaya dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan
Dok. Ilustrasi/Pixabay
Dok. Ilustrasi/Pixabay

TOPNEWS62.COM – Mengandung senyawa-senyawa bioaktif, seperti antosianin, isoflavon, dan antioksidan, yang memberikan warna gelap pada bijinya.

Kedelai hitam merupakan kacang kedelai dengan varietas warna yang lebih gelap. Terlebih lagi kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan juga sangatlah banyak.

Mengandung senyawa-senyawa bioaktif, seperti antosianin, isoflavon, dan antioksidan, yang memberikan warna gelap pada bijinya.

Kedelai hitam adalah sumber nutrisi yang kaya dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet khasiat kedelai hitam bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mendukung kesehatan jantung

Kedelai malina mengandung isoflavon, serat, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi kedelai hitam secara teratur dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta mengontrol tekanan darah.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Peranan Kedelai dalam Mengendalikan Penyakit Degeneratif yang dipublikasikan di Journal Online Universitas Teuku Umar, biji kedelai kaya akan protein dan lemak serta beberapa zat gizi penting lainnya, seperti vitamin (asam fitat), dan lesitin.

Nah, nutrisi ini dapat mengendalikan penyakit degeneratif seperti hipertensi, hiperkolesterol, diabetes melitus, kanker dan lainnya. Lebih lanjut, kedelai berperan sebagai ACE-inhibitor dan menurunkan kolesterol darah, sehingga berpotensi menghambat hipertensi dan penyakit jantung koroner.

2. Menyehatkan kulit

Kedelai hitam mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi penuaan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi keriput. Ini membuatnya bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Menurut studi berjudul Studi Potensi Sifat Anti-Aging Ekstrak Kedelai Hitam (Glycine max (L.) Merrill) Varietas Detam 1 melalui Uji Antioksidan, dalam Jurnal Ilmiah Warta AKAB, kedelai hitam berpotensi memiliki sifat antioksidan yang dapat dimanfaatkan sebagai anti-aging.

Salah satu faktor penyebab kerusakan kulit adalah paparan radikal bebas. Pencegahan terhadap berkembangnya radikal bebas dapat diatasi dengan menggunakan senyawa antioksidan yang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai anti-aging pada berbagai produk kosmetik.

3. Mendukung kesehatan tulang

Kedelai hitam mengandung kalsium dan magnesium, yang esensial untuk kesehatan tulang. Sehingga mengonsumsinya Konsumsi kedelai hitam dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

4. Menyehatkan pencernaan

Serat yang tinggi dalam kedelai hitam dapat membantu dalam pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit pencernaan seperti divertikulitis.

5. Menurunkan risiko kanker

Senyawa isoflavon dalam kedelai hitam telah dikaitkan dengan pengurangan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara dan kanker prostat. Kandungannya memiliki efek anti-kanker yang kuat.

6. Melindungi dari radikal bebas

Antosianin, pigmen alami yang memberi warna gelap pada kedelai hitam, adalah antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

7. Sumber protein nabati

Kedelai ini kaya akan protein nabati, yang merupakan pilihan sehat bagi vegetarian dan vegan. Protein ini penting untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan, dan menjaga kekuatan otot.

× Image