Home > Nasional

Indonesia Siap Gelar HLF MSP 2024 di Bali: Perkuat Kemitraan Global

Momentum penting untuk memperkuat kolaborasi pembangunan global yang lebih inklusif, efektif, dan berkelanjutan
Dok. Kemenparekraf
Dok. Kemenparekraf

TOPNEWS62.COM, Badung - Indonesia siap menjadi tuan rumah Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024, yang akan berlangsung pada 1-3 September 2024 di Bali. Forum ini menjadi momentum penting untuk memperkuat kolaborasi pembangunan global yang lebih inklusif, efektif, dan berkelanjutan.

Dengan tema "Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change," HLF MSP 2024 akan menjadi pijakan utama menuju Summit of the Future yang akan dihelat di New York pada 22-23 September 2024.

Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas, Bogat Widyatmoko, menekankan pentingnya transformasi dan kerja sama dalam menghadapi tantangan global. "Transformasi, kolaborasi, dan keberlanjutan adalah inti dari HLF MSP ini. Indonesia berkomitmen menghadirkan perubahan yang inklusif dalam pembangunan global," ujarnya di Nusa Dua, Bali, Sabtu (31/8/2024).

Sejauh ini, sebanyak 1.275 peserta dari 26 negara telah mengonfirmasi kehadiran mereka, melampaui target awal 1.000 peserta. Partisipan terdiri dari 782 perwakilan pemerintah, 102 organisasi internasional, 107 LSM, 128 sektor swasta, 8 filantropi, 9 lembaga think tank, 56 akademisi, 9 bank multilateral, dan 70 petugas keamanan. Antusiasme ini mencerminkan besarnya minat dari berbagai pihak terhadap forum ini.

Forum ini juga akan menghadirkan 102 pembicara global dari berbagai sektor, termasuk pemerintah, swasta, akademisi, filantropi, LSM, dan organisasi internasional. Dukungan untuk forum ini datang dari 33 mitra yang siap berpartisipasi dalam pameran, serta persiapan keamanan siber dan fisik yang telah dilakukan dengan baik.

"Kami sangat optimis, lonjakan peserta dalam beberapa hari terakhir ini menunjukkan antusiasme yang luar biasa dari berbagai pihak," jelas Deputi Bogat.

Agenda Utama dan Dukungan Indonesia

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menyambut delegasi dalam sesi Welcoming Dinner, serta membuka sesi utama dalam Joint Leaders Session Indonesia-Afrika (IAF) dan HLF MSP 2024 pada hari kedua.

High-Level Plenary Session pada hari kedua akan dibuka oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, diikuti oleh pidato kunci dari Presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto, dan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmão.

Selain sesi utama, forum ini juga akan menggelar 12 acara paralel dan 17 acara pendukung yang berlangsung hingga 3 September 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua. Berbagai topik seputar pembangunan berkelanjutan akan dibahas, termasuk strategi memperkuat kerja sama lintas sektor dan negara dalam menghadapi tantangan global.

HLF MSP 2024 di Bali diharapkan menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan dialog kebijakan dan memperkuat komitmen global terhadap pembangunan berkelanjutan. Dengan partisipasi dari berbagai pemangku kepentingan global, Indonesia berambisi memainkan peran penting dalam mendorong perubahan yang lebih inklusif dan berkelanjutan di tingkat internasional.

× Image