Home > Filantropi

BMH Alirkan Air Jernih, Harapan Baru Menyirami Kehidupan Anak Panti Asuhan di Labuhan Batu

Air Bersih Mengalir, Kesejahteraan Anak Panti Tunas Bangsa Terwujud
BMH Alirkan Air Jernih, Harapan Baru Menyirami Kehidupan Anak Panti Asuhan di Labuhan Batu
BMH Alirkan Air Jernih, Harapan Baru Menyirami Kehidupan Anak Panti Asuhan di Labuhan Batu

TOPNEWS62.COM, Labuhan Batu - Di tengah perkebunan sawit milik warga di Ujung Bandar, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Panti Asuhan Tunas Bangsa berdiri sebagai tempat berlindung bagi 55 anak asuh yatim dan dhuafa.

Namun, di balik tembok panti asuhan yang tenang, terdapat perjuangan panjang yang tak banyak diketahui. Kesulitan air bersih telah menjadi bagian dari keseharian mereka sekian tahun, membatasi aktivitas dan menyulitkan kehidupan sehari-hari.

Dan, hari ini, suasana berubah. Air yang jernih dan deras memancar dari sumur bor baru titipan donatur, membawa kebahagiaan yang tak terkira bagi seluruh penghuni panti asuhan. BMH Sumatera Utara, melalui program sosialnya, telah mewujudkan mimpi mereka akan akses air bersih yang layak dengan jumlah yang cukup.

“Alhamdulillah, akhirnya kami bisa mandi dan mencuci dengan tenang,” ujar Darmawan Hasibuan, salah satu anak asuh, dengan senyum lebar.

“Tidak perlu lagi antri panjang atau menunggu berjam-jam sampai bak air terisi. Airnya pun jernih dan segar,” sambungnya.

Dok. BMH Sumut
Dok. BMH Sumut

Nuzul Fauzan Sinaga, pengurus panti asuhan, tak bisa menyembunyikan rasa syukurnya.

“Lokasi panti asuhan ini dulunya rawa-rawa, diapit bukit. Kalau hujan deras, pasti banjir. Sumur lama kami hanya 10 meter, airnya sedikit, berminyak, dan cokelat keruh kalau hujan. Kini, berkat BMH, masalah itu teratasi.”

Osman Ali, Kadiv Prodaya BMH Sumut, yang menempuh perjalanan 6 jam dari Medan untuk meresmikan sumur bor ini, menegaskan komitmen BMH dalam menghadirkan generasi yang sehat jasmani dan rohani.

“Fasilitas air bersih ini adalah bentuk kepedulian. Kami ingin memastikan setiap rupiah yang dititipkan melalui BMH benar-benar membawa manfaat nyata,” ujarnya, Jum'at, (30/8/24).

Sumur bor sedalam 60 meter ini bukan sekadar sumber air, tapi juga sumber harapan. Air yang mengalir deras nan jernih ini bukan hanya menjawab mimpi dan cita-cita anak-anak asuh yang tinggal di sana, tapi juga membasahi kehidupannya. Mereka kini dapat belajar, beribadah, dan bermain dengan lebih nyaman, tanpa lagi dihantui kecemasan akan keterbatasan air bersih.

Kisah dari Panti Asuhan Tunas Bangsa ini mengingatkan kita akan betapa berharganya air bersih, sesuatu yang sering kita anggap remeh. Bagi mereka yang kesulitan mendapatkannya, air bersih adalah anugerah yang tak ternilai.*/uli

× Image