Home > Nasional

Jelang Dua Forum Internasional di Bali, Polda Imbau Warga Jaga Ketertiban dan Keamanan

Forum Indonesia-Afrika ke-2 dan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP
Dok. kemenparekraf
Dok. kemenparekraf

TOPNEWS62.COM, Denpasar – Menjelang pelaksanaan Forum Indonesia-Afrika ke-2 dan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) yang akan berlangsung di Bali pada 1-3 September 2024, Kepolisian Daerah (Polda) Bali mengimbau masyarakat untuk berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban. Ajakan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dua forum internasional tersebut.

“Kita semua tahu bahwa Bali telah dikenal sebagai daerah yang aman, baik di mata nasional maupun internasional. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Bali untuk tetap menjaga keamanan dan kedamaian di pulau ini,” ujar Kepala Biro Operasi Polda Bali, Komisaris Besar Polisi Soelistijono, di Denpasar, Jumat (23/8/2024).

Sebagai bagian dari pengamanan, Polri akan bersinergi dengan berbagai instansi seperti TNI, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Total 4.523 personel akan dikerahkan untuk mengamankan acara tersebut, yang terdiri dari 1.459 personel dari Mabes Polri, 2.464 personel dari Polda Bali, serta masing-masing 300 personel dari Polda Jawa Timur dan Polda Nusa Tenggara Barat.

Soelistijono menyatakan bahwa operasi pengamanan ini akan berada di bawah kendali Mabes Polri dan mulai dilaksanakan sejak 26 Agustus 2024. Pola pengamanan yang diterapkan serupa dengan yang digunakan pada acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum dan G20 yang berlangsung di Bali sebelumnya. “Pengamanan akan melibatkan kerja sama erat dengan TNI dan Paspampres,” ujarnya.

Selain itu, Polri juga akan menjalankan Operasi Puri Agung II 2024, yang berlangsung dari 31 Agustus hingga 4 September 2024. Dalam forum internasional ini, diperkirakan 58 kepala negara akan hadir untuk membahas berbagai kerja sama penting, termasuk di sektor transformasi ekonomi, energi, pertambangan, ketahanan pangan, kesehatan, dan pembangunan.

Dengan kehadiran tokoh-tokoh penting dari berbagai negara, Soelistijono menegaskan pentingnya kesiapan masyarakat Bali untuk bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif selama berlangsungnya kedua forum tersebut.

× Image