Home > Nasional

FMIPA UI Gelar Pelatihan GeoGebra untuk Pembelajaran Matematika bagi Guru SMA di Jakarta

Program pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan untuk guru SMA di Jakarta tentang pemanfaatan software GeoGebra untuk pendukung pembelajaran matematika
FMIPA UI Gelar Pelatihan GeoGebra untuk Pembelajaran Kalkulus bagi Guru SMA di Jakarta
FMIPA UI Gelar Pelatihan GeoGebra untuk Pembelajaran Kalkulus bagi Guru SMA di Jakarta

TOPNEWS62.COM, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) melalui Departemen Matematika melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan untuk guru SMA di Jakarta tentang pemanfaatan software GeoGebra untuk pendukung pembelajaran matematika, pada hari Rabu 24 Juli 2024 bertempat di Ruang Laboratorium Departemen Matematika FMIPA UI, Kampus FMIPA UI Depok.

Program ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Departemen Matematika FMIPA UI terhadap pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu guru-guru SMA dalam menjelaskan konsep matematika dengan cara yang lebih menarik dan berbeda melalui ilustrasi geometri yang dibuat menggunakan software GeoGebra. Dengan pendekatan ini, diharapkan para siswa dapat memahami konsep dasar matematika dengan lebih baik dan mendalam.

GeoGebra merupakan salah satu software pendidikan di bidang matematika. Software ini bersifat open platform yang dapat berjalan di perangkat berbasis Android, iOS serta Windows. Selain itu, GeoGebra juga bisa diakses pada situs web. Software GeoGebra dapat digunakan untuk memberikan ilustrasi secara geometri terhadap beberapa konsep dalam matematika.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran matematika di SMA Jakarta, tim dosen program studi Matematika FMIPA UI mengadakan pelatihan GeoGebra bagi para guru. Pelatihan ini diinisiasi melalui komunikasi dengan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Provinsi DKI Jakarta, Iman Santoso, M.Pd. Materi pelatihan berfokus pada dasar-dasar penggunaan GeoGebra serta penerapannya untuk menjelaskan konsep-konsep matematika tingkat SMA, seperti sistem persamaan linier dua dan tiga variabel, pertidaksamaan, dan nilai mutlak.

Dok. FMIPA UI
Dok. FMIPA UI

Pelatihan ini berisi pemaparan mengenai dasar-dasar GeoGebra dan penggunaannya yang disampaikan oleh Rahmi Rusin, S.Si., M.Sc., Ph.D., dosen Departemen Matematika FMIPA UI. Setelah sesi pemaparan materi selesai, peserta diberi latihan terkait sistem pertidaksamaan linier dua variabel serta soal cerita tentang persamaan linier dua variabel. Beberapa peserta kemudian mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di hadapan peserta lain.

Program ini merupakan kegiatan rutin Departemen Matematika yang diadakan dua kali setiap tahunnya. Untuk pelatihan kali ini, dosen-dosen yang terlibat sebagai narasumber dan fasilitator adalah Rahmi Rusin, S.Si., M.Sc.Tech., Ph.D., Dr. Hengki Tasman, S.Si., M.Si., Prof. Alhadi Bustamam, S.Si., M.Kom., Ph.D., Dra. Bevina Desjwiandra Handari, M.Sc., Ph.D., Dr. Denny Riama Silaban, M.Kom., Putri Zahra Kamalia, S.Si., M.Si., Ph.D., Dra. Siti Aminah, M.Kom., serta Dr. Drs. Suryadi, M.T. Pelatihan ini juga dibantu oleh mahasiswa S1 Matematika yaitu, Citius Vienny, M.Irfansyah, Ridhwan Ahmad Farhansyah, dan Stephen Wirana.

× Image