Home > Nasional

Hari Pendidikan Nasional : Inspirasi Siswi Generasi Z Menoreh Prestasi

Hari Pendidikan Nasional merupakan momentum untuk mengingat dan menghargai jasa para pendidik serta tenaga kependidikan yang telah berjuang dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

TOPNEWS62.COM- Depok, Kamis (02/05/2024) Hari Pendidikan Nasional disingkat Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei untuk menghormati perjuangan Ki Hajar Dewantara, pendiri pendidikan Taman Siswa dan pelopor pendidikan bagi rakyat Indonesia. Makna dari Hari Pendidikan Nasional sangat penting untuk dipahami dalam konteks pembangunan pendidikan di Indonesia.

Hari Pendidikan Nasional merupakan momentum untuk mengingat dan menghargai jasa para pendidik serta tenaga kependidikan yang telah berjuang dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Mereka berperan penting dalam membentuk generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia.

Pada Hari Pendidikan Nasional ini juga menjadi ajang refleksi bagi semua pihak terkait dengan pendidikan, mulai dari pemerintah, lembaga pendidikan, hingga masyarakat luas. Hal ini penting agar setiap tahunnya terjadi evaluasi terhadap capaian-capaian pendidikan dan pembenahan terus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Tanah Air.

Dengan adanya hari Pendidikan Nasional juga menjadi sarana untuk mengingatkan pentingnya pendidikan sebagai fondasi pembangunan bangsa. Dengan pendidikan yang berkualitas, diharapkan akan lahir generasi yang mampu bersaing di tingkat global, memiliki karakter yang kuat, dan mampu memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Makna ini menggarisbawahi bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, peringatan Hari Pendidikan Nasional haruslah menjadi momen yang memacu semangat untuk terus berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Dalam Hardiknas ini penulis ingin memberikan inspirasi untuk pembaca, Figur remaja putri yaitu Ni Putu Pande Indi Arthari kelahiran 12 Oktober 2005 ini merupakan seorang pelajar siswi dengan segudang prestasi ,Saat ini Tu Indi sapaan akrabnya telah diterima di Universitas Negeri Udayana Fakultas Kedokteran melalui jalur SNBP yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Diterimanya Ni Putu Pade Indi di perguruan Tinggi Favorit adalah hal yang sangat membanggakan ,Ni Putu Pande Indi bersaing dengan ribuan siswa dari seluruh Indonesia memperebutkan kursi di kampus favorit juga bergengsi dengan jurusan yang banyak peminatnya, pencapain ini tentu dengan perjuangan dan kerja keras yang luar biasa serta ekstra dalam belajar.

Awalnya Ni Putu Pande Indi yang dari kecil bercita cita menjadi seorang dokter ini , ada sebuah mimpi besarnya, Saat di kampung Ni Putu Pande Indi melihat sosok Pria yang mengenakan pakaian putih bersih dan rapi seketika Ni Putu Pande Indi bertanya kepada ibunya , Pria separuh baya dengan pakaian putih itu kerjanya apa ya bu? Dengan senyum tipis Ibu Ni Putu jawab itu Pak dokter beliau juga seorang dosen, semenjak itu Ni Putu Pande Indi berfikir jika kelak sudah besar mau menjadi dokter dan Dosen, saat belia Ni Putu Pande Indi sendiri tidak tahu apa itu profesi dokter dan dosen katanya sambil tersenyum manis mengenang masa silam.

Ni Putu Pande Indi terlahir dari keluarga sederhana dari pasangan I Putu Pande Umbara dan Ni Nyoman Sri Astuti ,orang tuanya hanya memiliki usaha penggilingan kopi bubuk kecil kecillan, Ni Putu Pande Indi anak pertama dari 2 bersaudara dari kecil memang sudah memiliki prestasi akademis yang menonjol dari pendidikan dasar sudah mendapatkan peringkat 1, hingga akhirnya setelah SMP prestasinya semakin bagus memjadi juara umum, berorganisasi sebagai Ketua Umum Osis,dan sejumlah prestasi lain, yang paling membanggakan waktu SMP adalah juara 2 Dharma Widya Jambore Nasional ,prestasi ini akhirnya menghantarkannya ke SMA terbilang Favorit di kota Bali.

Waktu berjalan cepat di Sekolah Menengah Atas kemampuan Ni Putu Pande Indi di bidang akademis semakin gemilang ,banyak lomba yang diikuti dan hampir semua lomba dimenangkan baik di tingkat daerah maupun tingkat Nasional

Ketika ditanya diantara semua prestasi yang didapat menurut indi yang paling membanggakan baginya adalah Peraih Medali Emas Olimpiade Biologi SMA dalam kompetisi Einstein Science Competition 2024 tahun ini. Dengan prestasi itulah yang menghantarkan Indi ke Fakultas Kedokteran impiannya, pandangan tentang anak muda sekarang Ni Putu Pande Indi yang tergabung dalam beberapa organisasi diantaranya Forum Daerah Kabupaten Badung mengatakan generasi muda sekarang lebih terbuka dalam mengungkapkan perasaan dan pendapatnya ,terlebih dengan adanya kurikulum merdeka ini dengan adanya tekhnologi yang modern anak dapat secara maksimal mengembangkan potensinya contoh anak anak jaman Now lebih pandai menggunakan power point dan beragam aplikasi yang tersedia.

Ni Putu Pande Indi berpendapat bahwa di era digital ini teknologi itu ibarat pisau bermata dua di satu sisi positif di satu sisi negative,kalo digunakan dengan baik kita akan mmendapatka hal hal yg positif seperti program bea siswa yg didapat waktu Indi waktu SMA karena rajin browsing di Internet ,klo sisi negatif banyaknya berita berita hoax yang kadang merugikan buat kita sebagai generasi muda. Dan ini akan berdampak negative lainnya porsi anak anak banyak yang dikasi gawai saat usia belum tepat sebenarnya mereka belum saatnya menggunakannya ,karena akan mempengaruhi perilaku anak sendiri seperti kita liat anak banyak yang mengalami telat wicara ,menjadi tantrum ,marah serta tidak jelas ungkapnya

Ni Putu Pande indi yang bercita cita menjadi seorang dokter Spesialis Syaraf ini berharap semoga anak anak muda sekarang berkembang ke arah yang positif ,pesannya gunakan teknologi dengan baik dan bijak agar berguna untuk masa depan, indi yang berasal dari keluarga sederhana ini juga mengungkapkan dengan rajin mengupdete internet akhirnya dapat memperoleh bea siswa waktu SMA, Ni Putu Pande indi juga menyayangkan di luar sana ada banyak anak yang terlahir dari keluarga yg berkecukupan dan tidak memanfaatkan fasilitas dengan baik juga tidak tahu arah tujuan masa depannya

Indi juga berharap agar anak-anak yang kurang mampu secara finansial tetapi memiliki prestasi bagus semoga mereka mendapat perhatian dari pemerintah dan berkesempatan mendapatkan Pendidikan yang baik ,ditambahkannya. Attitude atau sikap baik jujur juga sangat penting ,memiliki prestasi akademis yang gemilang saja tidak cukup tetapi kita juga harus memiliki etika dan tata krama yang baik juga displin sebagai anak bangsa yang berbudi pekerti yg luhur, menumbuhkan dan penanaman etika haruslah dimulai dari kecil disamping itu membangun komunikasi keterbukaan dengan orang tua juga sangatlah penting demikian penuturan Ni Putu Pande Indi sembari menutup pembicaraanya

Wawasan yang luas sangat terpancar dari sorot matanya yang sangat Supel Enerjik salah satu anak muda zaman now yang memiliki segudang prestasi yang gemilang ,semoga Ni Putu Pande Indi semakin suskses ke depan menjadi tunas generasi emas yang membanggakan daerahnya bangsa dan negara . (rep.Ni Komang Ari/Djaddie)

Prestasi yang telah diraih Ni Putu Pande Indi

Akademik Tk SLTA :

* Peraih Mendali Emas Olimpiade Biologi SMA dalam kompetisi “Einstein Science Competition” 2024

* Juara 2 Lomba Esay tingkat Provinsi di Itekes Bali 2023

* Juara Umum 1 Kelas 10 MIPA SMAN 1 Kuta Utara

* Juara Umum 2 Kelas 11 dan 12 MIPA SMAN 1 Kuta Utara

* Peraih Medali Emas Dalam kegiatan "Divya Competition 5.0" Tingkat SMA/Sederajat se-Indonesia tahun 2022

* Quarterfinalis Lomba M-Force tingkat Nasional Fakultas Kedokteran Udayana tahun 2023

Non-Akademik Tk SLTP

* Juara 2 Dharma Widya Jambore Nasional tingkat SMP tahun 2019

* Juara 3 Lomba Vlog tingkat SMP se Bali tahun 2020

* Ketua Umum Osis SMPN 1 Mengwi masa bakti 2020/2021

Non Akademik Tk SLTA

* Juara 1 Lomba Podcast PMI se Provinsi Bali tahun 2021

* Duta Anak Badung Media Sosial 2022

* Finalis Remaja Berbudi Pekerti tingkat Nasional kategori siswa 2022

* Duta Literasi Favorite Sakura 2021

* Koordinator Divisi Kreatif dalam Forum Anak Daerah Kabupaten Badung masa Bakti 2023/2024

× Image