Home > Nasional

Siapkan Armada Kapal untuk Kelancaran Arus Balik: Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

Menjelaskan bahwa penggunaan pelabuhan alternatif tidak hanya bertujuan untuk mengurangi kepadatan di Merak
Dok.dephub.go.id
Dok.dephub.go.id

TOPNEWS62.COM - Jakarta - Dalam upaya memastikan kelancaran dan keamanan arus balik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan tiga armada kapal, baik negara maupun swasta, dengan rute Panjang-Ciwandan pada tanggal 12-18 April 2024. Setiap kapal dijadwalkan berangkat pada pukul 12.00, 14.00, dan 16.00 WIB.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyatakan hal ini pada Sabtu (13/4) di Jakarta, menjelaskan bahwa penggunaan pelabuhan alternatif tidak hanya bertujuan untuk mengurangi kepadatan di Merak, tetapi juga memberikan keuntungan bagi pemudik dengan memperpanjang waktu istirahat karena perjalanan menuju Kota Bandar Lampung dapat dipangkas hingga 1 jam.

"Pelabuhan Panjang di Tanjung Karang, Lampung, kami maksimalkan. Ini menghemat hampir 1 jam perjalanan bagi mereka yang menuju Ibu Kota Lampung. Ini sangat positif," ungkap Menhub.

Armada kapal yang disiapkan meliputi KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina pada tanggal 12 April 2024, serta KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea pada tanggal 13-18 April 2024.

Masyarakat juga dapat memanfaatkan bantuan armada kapal kenavigasian KN. Edam dan kapal patroli KPLP KN. Trisula di ruas penyeberangan Panjang-Ciwandan.

Menhub mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku, demi memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan selama arus balik Lebaran dari Sumatera ke Jawa.

Dia juga mengingatkan bahwa kapal-kapal ini ditujukan bagi kendaraan sepeda motor dan mobil kecil saja. Selama arus balik, truk 3 sumbu tidak diperbolehkan untuk sementara.

× Image